Selamat datang di situs resmi Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta
05-04-2018

Penandatanganan Naskah Kesepakatan (MoU) Kejati DKI Jakarta Dengan PT. Transportasi Jakarta



Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta TONY T. SPONTANA, SH., M. Hum bersama BUDI KALIWONO selaku Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta (Kamis 5/4/2018), melakukan penandatanganan Naskah Kesepakatan atau Memorandum Of Understanding (MoU) bertempat di Aula Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Kerja sama antara Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dengan PT. TransJakarta dilakukan untuk mengantisipasi adanya permasalahan / problematika di bidang Hukum Perdata dan TUN yang mungkin akan dihadapi, sehingga untuk mengatasinya memerlukan bantuan Kejaksaan yang mempunyai tugas dan wewenang memberikan bantuan hukum, pelayanan hukum, penegakan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya di bidang Hukum Perdata dan TUN yang dikenal sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN). Penandatanganan Naskah Kerja Sama antara Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dengan PT. TransJakarta merupakan perpanjangan ke dua dari Kerja sama yang telah ditandatangani sebelumnya.

                Agar pelaksanaan tugas JPN dapat memberikan hasil yang optimal sesuai apa yang diharapkan, hendaknya pemohon / pemberi kuasa senantiasa menjalin komunikasi yang baik serta memberikan informasi data yang lengkap, jelas dan jujur. Kendala yang paling sering dihadapi oleh JPN adalah adanya permohonan Pendapat Hukum (Legal Opinion) yang tidak dilengkapi data-data, sehingga mengakibatkan pemberian Pendapat Hukum sering kali membutuhkan waktu yang lama. Kerja sama yang terjalin selama 2 (dua) tahun ke depan hanyalah terbatas pada kerja sama di bidang Hukum Perdata dan TUN, tidak menyangkut bidang hukum lain, misalnya Hukum Pidana (Tindak Pidana Korupsi) dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta tidak pernah akan ragu dan terpengaruh dalam pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang mungkin terjadi walaupun telah ada kerja sama ini.

                Penandatanganan Naskah Kesepakatan atau Memorandum Of Understanding (MoU) dimulai pada pukul 10.00 WIB dihadiri oleh Direktur Utama PT. TransJakarta dan jajarannya, Pejabat Utama Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kepala Kejaksaan Negeri Se-DKI Jakarta serta seluruh Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Kejaksaan Negeri Se-DKI Jakarta.